Makanlah Buah Jika Diserang Rasa Lapar Menjelang Tidur

 

Rasa lapar bisa datang kapan saja termasuk menjelang tidur. Jika hal itu terjadi maka makanlah buah-buahan agar tidak menimbulkan efek buruk atau mengganggu waktu tidur.

Ketika rasa lapar menyerang sebelum tidur akan membuat seseorang sulit tidur karena ada keinginan untuk mengunyah sesuatu. Untuk itu seseorang harus cerdas memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Salah satu keluhan yang sering dialami jika konsumsi makan berat sebelum tidur adalah heartburn yaitu sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan.

Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu. Untuk itu para peneliti menyatakan aturan makan malam pada 3-4 jam sebelum tidur merupakan aturan yang baik untuk diikuti karena bisa mengurangi efek heartburn.

Meski begitu konsumsilah buah dalam porsi kecil sehingga bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah di malam hari serta mengurangi asupan kalori yang masuk. Buah yang baik dikonsumsi sebelum tidur seperti apel, pir, pisang dan semangka, namun jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelahnya.

Selain itu untuk mengetahui apakah rasa lapar yang muncul akibat ingin makan atau tanda dehidrasi, maka minumanlah segelas air. Jika rasa lapar hilang maka hal itu berarti tanda dehidrasi, karena tubuh kadang mengirimkan sinyal haus ke otak sebagai rasa lapar.

Buah merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center.

sumber :detik.com

Satu Tanggapan to “Makanlah Buah Jika Diserang Rasa Lapar Menjelang Tidur”

  1. Owh begitu ya, oke akan saya coba. makasih infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: