Tips Sehat Bagi Pemudik Lebaran

Lebaran selalu identik dengan mudik atau pulang kampung. Untuk persiapan arus mudik lebaran yang tinggal 2 minggu lagi, ada beberapa tips sehat agar perjalanan mudik terasa menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Mudik lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang melibatkan jutaan orang dalam waktu yang relatif bersamaan. Ini merupakan kondisi matra, artinya penduduk berada pada kondisi diluar lingkungan kesehariannya.

Untuk persiapan Arus Mudik Lebaran 2010, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Jajaran Polri, PMI dan pemerintah daerah menyiapkan Posko Kesehatan atau Unit Pelayanan Kesehatan 24 jam di jalur mudik.

Untuk jalur Jawa-Lampung disiapkan 3.719 Puskesmas, 500 Pos Kesehatan (terdiri dari 418 Dinas Kesehatan dan 82 Kantor Kesehatan Pelabuhan), 1.229 ambulans Puskesmas dan 98 Rumah Sakit Pemerintah plus ambulans.

Tapi, selain dari pemerintah, kesiapan mudik juga harus dilakukan oleh pemudik itu sendiri. Pemudik harus bisa menjaga kesehatannya sendiri agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Kesiapan juga harus datang dari masyarakat atau pemudik itu sendiri. Para pemudik harus diberi informasi yang cukup bahwa untuk melaksanakan perjalanan yang jauh, kondisi fisik harus bugar meskipun puasa,” ujar Menteri Kesehatan RI, dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH, saat meresmikan Apel Siaga Kesiapan Pelayanan Mudik Lebaran 2010 di Gedung Kemenkes,

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI menyampaikan beberapa tips sehat untuk pemudik, antara lain:

  1. Pemudik harus berangkat dalam keadaan sehat dan fit. Prof Tjandra juga mengingatkan, sebaiknya pemudik jangan langsung melakukan perjalanan mudik setelah pulang kantor, karena sudah dalam keadaan lelah dan stres.
  2. Bila pemudik memiliki penyakit tertentu, sebaiknya melakukan pemeriksaan sebelum melakukan perjalanan mudik yang jauh.
  3. Jangan lupa membawa obat-obatan, bila ia memang harus mengonsumsi obat.
  4. Berhati-hati membeli makanan di perjalanan dan biasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu cuci tangan pakai sabun.
  5. Kalau diperjalanan pemudik merasa lelah atau sakit, jangan ragu untuk berhenti di posko kesehatan yang telah disiapkan pemerintah. Pelayanan di posko kesehatan arus lebaran semuanya gratis.

Sumber : detik health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: