Daging kurban di Banyumas ada Cacingnya

Dalam inspeksi mendadak yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Banyumas di sejumlah tempat pemotongan hewan kurban pagi tadi, ditemukan puluhan kilogram hati sapi bercacing.

Seperti di Rumah Pemotongan Hewan Purwokerto Barat, petugas menemukan sedikitnya 30 kilogram hati sapi bercacing. Ratusan cacing yang masih hidup langsung dikeluarkan dari hati sapi oleh petugas untuk diperlihatkan kepada wartawan.

Menurut petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban Dinas Peternakan Kabupaten Banyumas, Tofik Prayogi, dari 10 sapi yang dipotong di rumah pemotongan hewan, petugas menemukan lima hati sapi yang dinyatakan harus dimusnahkan karena mengandung cacing. Namun demikian, untuk semua daging sapi hewan kurban tersebut dinyatakan aman untuk dibagikan kepada masyarakat.

Tak hanya hati sapi, petugas juga memeriksa limpa dan paru-paru sapi yang mengandung cacing hati. Namun pada limpa dan paru-paru, petugas tidak menemukan cacing hati. Selain di rumah pemotongan hewan, petugas juga melakukan sidak di sejumlah masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: