Jaga Pola Makan Saat Lebaran

Dari delapan departemen di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cipto Mangkusumo (UGD-RSCM), biasanya departemen penyakit dalamlah yang paling sibuk saat memasuki H+2 Lebaran. Pasalnya, para penderita penyakit kronik tidak menjaga pola makannya saat merayakan Idul Fitri.

Demikian diungkap dr Gurmeet Singh, kepala jaga departemen penyakit dalam UGD-RSCM. “Hari ini sepi tapi besok biasanya kembali seperti biasa,” katanya di ruang kerjanya, Minggu (20/9).

makanan

Penyakit kronik adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi hanya bisa dikontrol. Yakni dengan mengontrol pola makan dan pola hidup yang bersangkutan. Yang termasuk jenis penyakit ini adalah kencing manis, ginjal, dan jantung. “Di saat Lebaran biasanya mereka merayakan kemenangan tapi tidak terkontrol. Seharusnya mereka kan membatasi konsumsi gula, air putih atau daging-daging yang berkolesterol tinggi,” papar Singh.

Hari ini, ia melanjutkan, pasiennya hanya dua orang. Namun, besok diperkirakan akan kembali normal, yakni bisa mencapai 50-60 orang. Artinya ada 30-40 pasien yang stagnan, yang dirawat di selasar karena tidak kebagian kamar. “Untuk itu, kita berharap walaupun hari kemenangan, tolong jaga diri, jaga makannya. Jangan sampai besok ‘mendarat’ di sini,” ujar Singh.

Sumber : Kompas

Satu Tanggapan to “Jaga Pola Makan Saat Lebaran”

  1. saya sekeluarga krn jarang makan yg enak-enak seperti kue2 lebaran …. selama lebaran BAB-nya selalu tidak seperti yg biasanya, mungkin krn dampak mentega dalam kue2 kering lebaran ….

    tadinya saya kira anak2 saya (TK A, SD kelas 2) sakit perut & maag, jadi diberi obat … lama2 kok terus begitu … baru nyadar gara2 kue2 lebaran ….🙂

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    Lagi Gempa Lebaran
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/23/gempa-ketiga-lebaran-1430h-balisumatrajawa/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/21/video-live-malam-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-%e2%80%93-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/21/video-live-malam-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-%e2%80%93-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: