Marak, Guru jadi Korban Cyber Bullying Siswa di Inggris

Aksi cyber bullying semakin marak. Rupanya hal ini bukan hanya menimpa para remaja, tapi juga guru-guru. Yang mencengangkan, aksi bullying (pelecehan) terhadap guru ini dilakukan para siswa. Duh!!!

Para guru seringkali menjadi korban bullying anak didiknya. Misalnya, foto para guru dipublikasikan di situs jejaring sosial setelah sebelumnya dipermak menjadi foto yang tidak pantas. Foto tersebut kemudian diberi komentar-komentar tidak senonoh.

Sebuah Yayasan bernama Teacher Support Network (TSN) menyebutkan bahwa pelecehan terhadap guru seringkali dilakukan melalui tiga sarana, yakni panggilan telepon, SMS, dan email. Disebutkan oleh TSN bahwa sekitar 15 persen guru telah menjadi korban cyber bullying.
“Sungguh mengerikan mendapatkan cemoohan tentang diri kita lewat SMS atau situs. Hal ini dapat mengganggu kondisi fisik dan psikis guru sehingga mengganggu proses pendidikan,” ungkap Patrick Nash, chief executive TSN, Nash menambahkan, seringkali pelaku pelecehan terhadap guru ini tidak dapat dijatuhi sanksi legal, karena perbuatan bullying tersebut sering hanya dianggap sebagai lelucon anak-anak.

Masalah bullying semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna ponsel. Para pelaku melancarkan aksi bullying lewat telepon. Aksi bullying dapat menimbulkan depresi pada si korban bahkan bisa menyebabkan korban nekat bunuh diri.

Apakah fenomena bullying terhadap guru juga marak di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: