Mau Berhenti Pakai Napza Adalah Jangan Nganggur

Posted in Kesehatan with tags on Maret 8, 2012 by dwiky10

 

Sebenarnya asalkan niat, kecanduan Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya) pasti bisa diatasi. Namun menurut pengakuan mantan pecandu, syarat utama untuk benar-benar bisa berhenti memakai barang haram itu adalah tidak boleh menganggur.

Bambang Sutrisno (41 tahun), mantan pecandu berbagai jenis Napza yang juga sudah keluar masuk penjara menegaskan pentingnya berkegiatan bagi para pecandu yang ingin berhenti memakai Napza. Apapun usahanya, kalau masih punya banyak waktu luang maka peluang untuk bersinggungan dengan hal-hal yang memicu sakaw akan selalu ada.

Tantangan terberat yang dirasakan Benk Benk saat mulai berhenti memakai Napza sekitar tahun 1996 adalah ketika harus mengubah tongkrongan atau lingkungan tempat nongkrong. Ia mengaku sempat tidak punya teman karena sengaja menghindari pergaulan dengan sesama pecandu untuk sementara waktu, agar tidak terpengaruh.

Namun jika hanya menghindar dan tetap tidak punya kegiatan, Benk Benk merasakan sendiri godaan untuk membeli putaw dan sejenisnya bisa muncul sewaktu-waktu. Akhirnya ia berinisiatif untuk berkegiatan, yang justru mempertemukannya lagi dengan sesama pecandu Napza.

Bedanya kali ini bukan untuk sama-sama memakai putaw, melainkan memberi pelayanan harm reduction dengan bekerjasama dengan Puskesmas Menteng Jakarta Pusat. Program ini bertujuan mengurangi risiko kesehatan pada para pecandu, antara lain dengan menyuplai jarum suntik steril bagi yang benar-benar belum bisa berhenti.

Sejak tahun 1996 itu pula, Benk Benk mendirikan sanggar DPR yang merupakan singkatan dari Daerah Pinggiran Rel sekaligus Dekat Pohon Rindang. Sanggar yang terletak di Jl Proklamasi Jakarta Pusat ini merupakan tempatnya berkegiatan sekaligus mendampingi para pecandu Napza yang berniat untuk berhenti.

Tak kalah pentingnya menurut Benk Benk, niat untuk berhenti memakai Napza juga harus didukung dengan motivasi hidup. Ia sendiri baru merasakan betapa berharganya hidup ketika mulai terjangkit TB (tuberculosis) paru sampai harus meninggalkan ganja dan rokok serta gaya hidup tidak sehat yang selama ini dijalankannya.

sumber.

Kacang – Kacangan yang Bisa Bikin sehat

Posted in Kesehatan with tags , , on Februari 21, 2012 by dwiky10

Jika kacang tidak dimasukkan dalam daftar menu diet sehari-hari, maka akan kehilangan nutrisi besar yang dapat melawan penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otak, dan banyak lagi. Kacang-kacangan memang seringkali disepelekan dan tidak dianggap sebagai makanan pokok.

Hasil penelitian baru telah telah membuktikan bahwa kacang kenari sangat sehat, dengan hampir dua kali lebih banyak antioksidan. Tetapi semua jenis kacang memang mengandung nutrisi yang kuat yang dapat menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan hati, meredakan PMS, dan menurunkan risiko kanker.

Namun, seringkali orang menghindari mengonsumsi kacang dengan alasan menghindari lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya. Dalam kacang terkandung protein, serat, lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral.

 

1. Kenari dapat melawan peradangan

Selain mengandung antioksidan yang paling tinggi dari semua kacang-kacangan, juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang memberikan kontribusi untuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. Kkenari juga yang paling kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat melawan peradangan.

Mengonsumsi kenari merupakan cara yang paling baik untuk mendapatkan lemak tak jenuh sehat bagi yang bukan penggemar ikan. Sebuah makanan ringan kenari juga dapat mengurangi gejala PMS.

2. Almond dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan resistensi insulin

Almond mengandung serat yang paling tinggi jika dibandingkan kacang-kacangan lain, yaitu sekitar 3 gram per ons. Selain itu juga paling kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat.

Almond bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, almond sangat sehat untuk orang-orang mengkhawatirkan kadar gula darahnya.

Orang yang makan sekitar 20 persen kalori dari almond selama 4 bulan maka akan mengalami penurunan kolesterol dan penurunan resistensi insulin dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak memakannya.

Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa, kacang dapat meningkatkan kadar bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kacang mete dapat meningkatkan kekuatan otak

Mete sangat kaya akan zat besi dan seng. Besi membantu memberikan oksigen ke seluruh sel-sel, yang dapat mencegah anemia, dan seng sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

Kacang mete juga merupakan sumber magnesium yang baik. Satu ons kacang mete dapat menyediakan hampir 25 persen dari kebutuhan harian magnesium. Magnesium dapat membantu meningkatkan memori dan melindungi terhadap proses kehilangan memori yang berkaitan dengan usia.

4. Pecan menyehatkan arteri

Pecan bukan hanya untuk membuat kue yang lezat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Pecan adalah kacang yang kaya antioksidan kacang.

Pecan dapat membantu mencegah pembentukan plak di arteri. Sebuah penelitian Journal of Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi pecan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 33 persen.

Pecan juga merupakan nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan otak. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang-kacangan bisa menunda perkembangan penyakit saraf degeneratif seperti amyotrophic lateral amyotropic (ALS), yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig.

5. Kacang Brazil melindungi dari berbagai jenis kanker

Kacang Brazil merupakan makanan yang baik untuk asupan harian mineral selenium, yang dapat membantu mencegah kanker tertentu, termasuk kanker tulang, kanker prostat, dan kanker payudara.

Sebuah penelitian baru dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa, selenium yang ditemukan dalam kacang Brazil, bersama dengan kedelai, dapat membantu melawan kanker prostat dengan menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kacang Brazil. Karena tingginya kadar selenium dapat berbahaya.

6. Kacang Macadamia mengandung lemak tak jenuh tunggal

Kacang macadamia mengandung jumlah terbesar lemak tak jenuh tunggal (MUFA) per porsi yang sangat baik untuk menyehatkan jantung. Lemak tak jenuh tunggal sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah.

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University, menemukan bahwa orang yang menambahkan kacang makadamia untuk diet dapt menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol LDL.

7. Pistachio merupakan kacang dengan kalori yang sangat rendah

Pistachio adalah kacang dnegan kalori yang sangat rendah jika dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Peneliti dari University of Texas MD Anderson Cancer Center menemukan bahwa, makan 2 ons pistachio setiap hari dapat mengurangi risiko kanker paru.

Pistachio kaya akan antioksidan gamma tokoferol, suatu bentuk vitamin E yang dapat melawan kanker.

Pistachio juga mengandung kalium, yang merupakan mineral yang penting untuk sistem saraf yang sehat dan otot. Selain itu, juga merupakan sumber vitamin B6, yang bisa meningkatkan suasana hati, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Hazelnut meningkatkan kesehatan jantung

Hazelnut terkenal dengan kadar yang tinggi dari lemak tak jenuh tunggal, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu untuk mengelola diabetes tipe 2. Hazelnut juga kaya antioksidan vitamin E, yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makula, menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi risiko demensia.

17 Hal yang Perlu Diingat

Posted in Uncategorized, unik with tags , , on Februari 17, 2012 by dwiky10


1. Jika sudah terjadi masalah, tdk harus dihindari (bingung), tapi HARUS DIHADAPI dengan tenang (dipikirkan jalan keluarnya) dan pasti selesai/ ada jalan keluarnya.

2. Menghadapi semua hal, tdk boleh berpikir negatif, seperti: “saya pasti tdk mampu”, “saya tdk bisa”, dan seterusnya. Tapi selalu berpikir positif, seperti: “saya bisa, pasti ada jalan keluarnya” dan lain lain.
3. Sudah dan senang semuanya tergantung pikiran saja!! ( Pikiran adalah pelopor!!). Jadi jaga pikiran kita baik – baik. Jangan pikir yang jelek/negatif. Selalu berpikir yang positif (baik).

4. Segala kesulitan/kesusahan akan berakhir. sebesar apapun masalahnya akan selesai juga dengan berjalannya waktu. Seperti pepatah mengatakan : TIDAK ADA PESTA YANG TIDAK BERAKHIR.
5. Orang yg sukses 85% ditentukan dari sikap/prilaku, 15% baru ditentukan ketrampilan. Jadi sikap kita dalam hidup ini sangat penting.

6. Segala sesuatu berubah (anicca). Kita tdk perlu susah. Misalnya : sekarang susahnya, selanjutnya pasti berubah menjadi senang. sekarang ada orang yang tdk senang pada kita, suatu saat nanti akan baik juga.

7. Hukum karma, berarti berbuat baik akan mendapat hasil baik dan sebaliknya, seperti tanam padi, pasti panen padi. Ingat!! Usahakan setiap saat selalu berbuat (tanam) kebaikan agar mendapatkan (panen) kebaikan. Jgn melakukan kejahatan. Dan jgn berharap mendapat balasan dari perbuatan baik kita!!!

8. Kesehatan asalah paling nomor satu (berhaga). Jaga kesehatan kita dengan olahraga, istirahat yang cukup dan jangan makan sembarangan.

9. Hidup ini penuh dengan masalah/persoalan/penderitaan. Jadi kita sdh tahu TIDAK MUNGKIN SELALU LANCAR/TENANG. Siapkan mental, tabah, sabar dan tenaga untuk menghadapinya. itulah kenyataan hidup yang harus dihadapi oleh setiap manusia.

10. Masa depan seseorang sangat tergantung pada sikap dan buku buku yang dibaca. Jadi membaca sangat penting dan menentukan masa depan seseorang.

11. Jangan membicarakan kejelekan orang lain, karena kita akan dinilai jelek
oleh orang yg mendengarkannya.

12. Pergaulan sangat penting dan merupakan salah satu kunci sukses. Boleh bergaul dengan orang jahat maupun baik asal kita HARUS TAHU DIRI/JANGAN TERPENGARUH LINGKUNGAN. Lebih baik lagi apabila kita bisa menuntun yang jahat ke jalan yang benar.

13. Budi orang tua, tidak dapat dibayar dengan apapun juga. begitu juga dengan
budi orang2 yang telah membantu kita.

14. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi jangan minder dengan kekurangan kita. dan jangan iri dengan kelebihan orang. HARGAILAH DIRIMU APA ADANYA!!!\

15. JANGAN MEMPERTENTANGKAN (MEMPERDEBATKAN) hal hal kecil yang tdk berguna
dengan siapapun juga.

16. Kunci sukses dlm hidup ini, selalu bersemangat, berusaha, disiplin, sabar, bekerja keras, rajin berdoa/sembahyang, banyak berbuat baik serta tdk blh berputus asa.

17. Jangan Menilai orang dari Harta(kekayaan), penampilan ataupun kondisi
fisik. Semua orang itu SAMA!!!

Kenali Gejala Akibat Overdosis Kafein

Posted in Kesehatan with tags , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh sudah menjadi gaya hidup. Tapi sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menyebabkan overdosis yang pada kasus tertentu dapat mengakibatkan kematian.

Sebagian besar orang mengonsumsi 300 mg kafein (setara dengan 3 cangkir kopi) sehari. Tapi kadar kafein dalam kopi dan teh berbeda-beda, serta beberapa orang ada yang sensitif terhadap kafein sehingga batas amannya kurang dari 300 mg.

Overdosis biasanya terjadi ketika seseorang menginginkan efek yang lebih dari kafein seperti harus tetap terjaga saat belajar untuk ujian. Selain itu overdosis juga bisa terjadi akibat ia sudah kecanduan kafein, sehingga semakin lama jumlah kafein yang dikonsumsi semakin besar yang dapat memicu overdosis.

Sedangkan kematian akibat overdosis kafein terbilang sangat jarang dan sering akibat disengaja. Biasanya terjadi jika seseorang mengonsumsi sekitar 10.000 mg kafein (sekitar 100 cangkir kopi tubruk) untuk menyebabkan kematian pada orang yang memiliki berat badan 68 kg.

Gejala dari overdosis kafein ini beragam mulai dari gejala ringan, sedang hingga berat yaitu:

Gejala ringan

  1. Gemetar dan berkedut, seperti tangan yang tidak bisa berhenti gemetar atau kedutan pada kelopak mata yang tidak terkendali
  2. Merasa seperti orang mabuk dan mengalami kesulitan untuk berdiri kokoh serta seimbang
  3. Sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil
  4. Terus menerus merasa haus

Gejala sedang

  1. Jantung berdebar lebih cepat dan kencang
  2. Merasa sesak napas
  3. Terkadang disertai dengan demam kafein yang mana suhu tubuh meningkat dan agak mengigau
  4. Jika memiliki ketakutan tertentu akan membuat kondisinya menjadi lebih buruk.

Gejala parah

  1. Merasa linglung, bingung dan berhalusinasi sehingga seakan-akan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada
  2. Mengalami kejang-kejang seperti orang epilepsi
  3. Mengalami kehilangan kesadaran yang biasanya harus dibawa ke ruang gawat darurat.

 

sumber detikhealth

Kopi Pahit Ternyata Bisa Mencegah Kencing Manis

Posted in Kesehatan with tags , , , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

Tak sekedar menghangatkan suasana pagi hari, secangkir kopi juga bermanfaat bagi kesehatan. Jika selama ini lebih banyak dikaitkan dengan kesehatan jantung, kini kopi juga terbukti bermanfaat untuk mencegah kencing manis atau diabetes.

Manfaat kopi dalam mengurangi risiko diabetes sebenarnya sudah dikenal lama, meski secara pasti mekanismenya belum diketahui. Kini sebuah penelitian terbaru di Huazhong University of Science and Technology kembali menguatkan dugaan tersebut.

Dalam penelitian yang juga dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tersebut terungkap, konsumsi 4 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen. Tiap penambahan 1 cangkir kopi, risiko kembali berkurang 7 persen.

Menurut para peneliti, sedikitnya ada 3 kandungan senyawa alami yang terkandung di dalam kopi dan berkhasiat mengurangi risiko diabetes. Seperti dikutip dari WebMD, ketiganya adalah kafein itu sendiri, asam kafeat dan asam klorogenik.
Risiko diabetes atau kencing manis yang bisa dikurangi melalui konsumsi kopi adalah diabetes melitus tipe-2 (DM Tipe-2). Tipe diabetes ini paling banyak ditemukan, jumlahnya sekitar 90-95 persen dari total seluruh pengidap diabetes termasuk yang tipe 1.

Diabetes tipe 2 pada umumnya diderita oleh orang dewasa, meski kadang-kadang anak-anak juga bisa mengidapnya. Jika diabetes tipe 1 biasanya diperoleh sebagai kelainan bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Pada diabetes tipe ini, kemampuan tubuh untuk mengolah gula berkurang atau bahkan tidak berfungsi sama sekali sehingga kadar gula dalam darah menumpuk. Kompilasi dari gangguan ini cukup beragam, mulai dari gagal ginjal, kerusakan retina mata serta impotensi pada laki-laki.

 

sumber: detikhealth

Tips Hari ini

Posted in Kesehatan with tags , , , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

“Stroberi paling ampuh bikin gigi jadi putih, karena mengandung asam malat yang bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi.”

“Minum wedang jahe dalam di pagi hari dapat menurunkan risiko retensi air dan membantu dalam sistem pencernaan Anda.”

 

“Makan wortel dapat membantu menjaga mulut Anda bersih setelah makan. Wortel juga dapat memicu banyak air liur, yang membantu menghilagkan noda pada gigi Anda.”

sumber: detikhealth

Makanlah Buah Jika Diserang Rasa Lapar Menjelang Tidur

Posted in Kesehatan with tags , , , , , , on Desember 21, 2011 by dwiky10

 

Rasa lapar bisa datang kapan saja termasuk menjelang tidur. Jika hal itu terjadi maka makanlah buah-buahan agar tidak menimbulkan efek buruk atau mengganggu waktu tidur.

Ketika rasa lapar menyerang sebelum tidur akan membuat seseorang sulit tidur karena ada keinginan untuk mengunyah sesuatu. Untuk itu seseorang harus cerdas memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Salah satu keluhan yang sering dialami jika konsumsi makan berat sebelum tidur adalah heartburn yaitu sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan.

Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu. Untuk itu para peneliti menyatakan aturan makan malam pada 3-4 jam sebelum tidur merupakan aturan yang baik untuk diikuti karena bisa mengurangi efek heartburn.

Meski begitu konsumsilah buah dalam porsi kecil sehingga bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah di malam hari serta mengurangi asupan kalori yang masuk. Buah yang baik dikonsumsi sebelum tidur seperti apel, pir, pisang dan semangka, namun jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelahnya.

Selain itu untuk mengetahui apakah rasa lapar yang muncul akibat ingin makan atau tanda dehidrasi, maka minumanlah segelas air. Jika rasa lapar hilang maka hal itu berarti tanda dehidrasi, karena tubuh kadang mengirimkan sinyal haus ke otak sebagai rasa lapar.

Buah merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center.

sumber :detik.com

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.