Kenali Gejala Akibat Overdosis Kafein

Posted in Kesehatan dengan kaitan (tags) , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh sudah menjadi gaya hidup. Tapi sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menyebabkan overdosis yang pada kasus tertentu dapat mengakibatkan kematian.

Sebagian besar orang mengonsumsi 300 mg kafein (setara dengan 3 cangkir kopi) sehari. Tapi kadar kafein dalam kopi dan teh berbeda-beda, serta beberapa orang ada yang sensitif terhadap kafein sehingga batas amannya kurang dari 300 mg.

Overdosis biasanya terjadi ketika seseorang menginginkan efek yang lebih dari kafein seperti harus tetap terjaga saat belajar untuk ujian. Selain itu overdosis juga bisa terjadi akibat ia sudah kecanduan kafein, sehingga semakin lama jumlah kafein yang dikonsumsi semakin besar yang dapat memicu overdosis.

Sedangkan kematian akibat overdosis kafein terbilang sangat jarang dan sering akibat disengaja. Biasanya terjadi jika seseorang mengonsumsi sekitar 10.000 mg kafein (sekitar 100 cangkir kopi tubruk) untuk menyebabkan kematian pada orang yang memiliki berat badan 68 kg.

Gejala dari overdosis kafein ini beragam mulai dari gejala ringan, sedang hingga berat yaitu:

Gejala ringan

  1. Gemetar dan berkedut, seperti tangan yang tidak bisa berhenti gemetar atau kedutan pada kelopak mata yang tidak terkendali
  2. Merasa seperti orang mabuk dan mengalami kesulitan untuk berdiri kokoh serta seimbang
  3. Sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil
  4. Terus menerus merasa haus

Gejala sedang

  1. Jantung berdebar lebih cepat dan kencang
  2. Merasa sesak napas
  3. Terkadang disertai dengan demam kafein yang mana suhu tubuh meningkat dan agak mengigau
  4. Jika memiliki ketakutan tertentu akan membuat kondisinya menjadi lebih buruk.

Gejala parah

  1. Merasa linglung, bingung dan berhalusinasi sehingga seakan-akan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada
  2. Mengalami kejang-kejang seperti orang epilepsi
  3. Mengalami kehilangan kesadaran yang biasanya harus dibawa ke ruang gawat darurat.

 

sumber detikhealth

Kopi Pahit Ternyata Bisa Mencegah Kencing Manis

Posted in Kesehatan dengan kaitan (tags) , , , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

Tak sekedar menghangatkan suasana pagi hari, secangkir kopi juga bermanfaat bagi kesehatan. Jika selama ini lebih banyak dikaitkan dengan kesehatan jantung, kini kopi juga terbukti bermanfaat untuk mencegah kencing manis atau diabetes.

Manfaat kopi dalam mengurangi risiko diabetes sebenarnya sudah dikenal lama, meski secara pasti mekanismenya belum diketahui. Kini sebuah penelitian terbaru di Huazhong University of Science and Technology kembali menguatkan dugaan tersebut.

Dalam penelitian yang juga dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tersebut terungkap, konsumsi 4 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen. Tiap penambahan 1 cangkir kopi, risiko kembali berkurang 7 persen.

Menurut para peneliti, sedikitnya ada 3 kandungan senyawa alami yang terkandung di dalam kopi dan berkhasiat mengurangi risiko diabetes. Seperti dikutip dari WebMD, ketiganya adalah kafein itu sendiri, asam kafeat dan asam klorogenik.
Risiko diabetes atau kencing manis yang bisa dikurangi melalui konsumsi kopi adalah diabetes melitus tipe-2 (DM Tipe-2). Tipe diabetes ini paling banyak ditemukan, jumlahnya sekitar 90-95 persen dari total seluruh pengidap diabetes termasuk yang tipe 1.

Diabetes tipe 2 pada umumnya diderita oleh orang dewasa, meski kadang-kadang anak-anak juga bisa mengidapnya. Jika diabetes tipe 1 biasanya diperoleh sebagai kelainan bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Pada diabetes tipe ini, kemampuan tubuh untuk mengolah gula berkurang atau bahkan tidak berfungsi sama sekali sehingga kadar gula dalam darah menumpuk. Kompilasi dari gangguan ini cukup beragam, mulai dari gagal ginjal, kerusakan retina mata serta impotensi pada laki-laki.

 

sumber: detikhealth

Tips Hari ini

Posted in Kesehatan dengan kaitan (tags) , , , , on Januari 17, 2012 by dwiky10

“Stroberi paling ampuh bikin gigi jadi putih, karena mengandung asam malat yang bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi.”

“Minum wedang jahe dalam di pagi hari dapat menurunkan risiko retensi air dan membantu dalam sistem pencernaan Anda.”

 

“Makan wortel dapat membantu menjaga mulut Anda bersih setelah makan. Wortel juga dapat memicu banyak air liur, yang membantu menghilagkan noda pada gigi Anda.”

sumber: detikhealth

Makanlah Buah Jika Diserang Rasa Lapar Menjelang Tidur

Posted in Kesehatan dengan kaitan (tags) , , , , , , on Desember 21, 2011 by dwiky10

 

Rasa lapar bisa datang kapan saja termasuk menjelang tidur. Jika hal itu terjadi maka makanlah buah-buahan agar tidak menimbulkan efek buruk atau mengganggu waktu tidur.

Ketika rasa lapar menyerang sebelum tidur akan membuat seseorang sulit tidur karena ada keinginan untuk mengunyah sesuatu. Untuk itu seseorang harus cerdas memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Salah satu keluhan yang sering dialami jika konsumsi makan berat sebelum tidur adalah heartburn yaitu sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan.

Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu. Untuk itu para peneliti menyatakan aturan makan malam pada 3-4 jam sebelum tidur merupakan aturan yang baik untuk diikuti karena bisa mengurangi efek heartburn.

Meski begitu konsumsilah buah dalam porsi kecil sehingga bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah di malam hari serta mengurangi asupan kalori yang masuk. Buah yang baik dikonsumsi sebelum tidur seperti apel, pir, pisang dan semangka, namun jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelahnya.

Selain itu untuk mengetahui apakah rasa lapar yang muncul akibat ingin makan atau tanda dehidrasi, maka minumanlah segelas air. Jika rasa lapar hilang maka hal itu berarti tanda dehidrasi, karena tubuh kadang mengirimkan sinyal haus ke otak sebagai rasa lapar.

Buah merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center.

sumber :detik.com

Lirik lagu Judika – Aku yang Tersakiti

Posted in music dengan kaitan (tags) , , , on Desember 21, 2011 by dwiky10

pernahkah kau merasa jarak antara kita
kini semakin terasa setelah kau kenal dia
aku tiada percaya teganya kau putuskan
indahnya cinta kita yang tak ingin ku akhiri
kau pergi tinggalkanku
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
tak pernahkah kau sadari akulah yang kau sakiti
engkau pergi dengan janjimu yang telah kau ingkari
oh tuhan tolonglah aku hapuskan rasa cintaku
aku pun ingin bahagia walau tak bersama dia

memang takkan mudah bagiku tuk lupakan segalanya
aku pergi untuk dia

tak pernahkah kau sadari akulah yang kau sakiti
engkau pergi dengan janjimu yang telah kau ingkari
oh tuhan tolonglah aku hapuskan rasa cintaku
aku pun ingin bahagia walau tak bersama dia
(walau tak bersama dia)

oh tuhan tolonglah aku hapuskan rasa cintaku
aku pun ingin bahagia walau tak bersama dia

DOWNLOAD LAGU INI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.